Jumat, 11 Oktober 2013

Etika Bisnis - Tugas 2

1. Jelaskan apa yang dimaksud Hakikat Bisnis!
    Jawab :
Hakikat bisnis adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia (produk atau jasa) yang bermanfaat bagi masyarakat. Seorang pebisnis akan selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk melayani secara baik sehingga masyarakat menjadi puas dan senang. Dari kepuasan masyarakat tersebut si pebisnis akan mendapatkan keuntungan dan pengembangan usahanya.

2. Jelaskan apa itu karakteristik bisnis!
    Jawab :
Karakteristik bisnis itu aktivitas yang diorganisir dan teratur. Bisnis perusahaan yang diatur dengan manajemen, diorganisir dengan adanya suatu struktur organisasi.

3. Jelaskan pergeseran paradigm dari pendekatan stockholder ke pendekatan stockholder!
    Jawab :
Yang dimaksud pergeseran paradigma tersebut adalah terjadi karena kesadaran akan akibat negatif industrialisasi yang semakin meluas, dan sebagian besar mengorbankan sumber daya alam (Noor dalam Asmaranti) dominasi peran capital yang terlalu besar menyebabkan eksploitasi sumber daya alam maupun sumber daya manusia tanpa batas demi mengejar keuntungan financial bagi perusahaan.

4. Jelaskan tanggung jawab moral dan sosial bisnis!
    Jawab :
- Tanggung Jawab Moral adalah tindakan yang dijalankan oleh kamauan pribadi yang rasional. Pribadi yang kemampuan akal budinya sudah matang dan dapat berfungsi secara normal. Pribadi itu paham betul akan apa yang telah dilakukannya.

- Tanggung Jawab Sosial Bisnis adalah suatu tanggung jawab yang harus di lakukan dalam suatu lingkungan perusahaan bisnis agar adanya solidaritas yang tinggi dalam bernisnis.Dalam definisi lain disebutkan bahwa tanggung jawab sosial bisnis adalah etika mempengaruhi prilaku pribadi di lingkungan kerja atau suatu usaha bisnis untuk menyeimbangi komitmennya terhadap kelompok dan individu dalam lingkungannya.

5. Jelaskan kode etik perusahaan!
    Jawab :
Kode Etik Dapat diartikan pola aturan, tata cara, tanda, pedoman etis dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Kode etik merupakan pola aturan atau tata cara sebagai pedoman berperilaku.

Dalam kaitannya dengan profesi, bahwa kode etik merupakan tata cara atau aturan yang menjadi standart kegiatan anggota suatu profesi. Suatu kode etik menggambarkan nilai-nilai professional suatu profesi yang diterjemahkan kedalam standaart perilaku anggotanya. Nilai professional paling utama adalah keinginan untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat. sumber

6. Menurut covey sebuah keputusan yang baik adalah yang bisa menyeimbangkan ke-4 kompetesi yaitu : tubuh (PQ), intelektual (IQ), hati (PQ), dan jiwa (SQ). berikan penjelasan apakah anda setuju atau tidak, kemukakan pendapat dan berikan contoh !
    Jawab :
Setuju, karena dasar dari seseorang mengambil keputusan harus berdasarkan keempat kompetensi tersebut agar tercipta suatu keputusan yang baik bagi semua pihak. Naman dalam hal ini, waktu  menjadi sedikit hambatan dalam mengambil keputusan, karena jika waktu yang tersedia dalam mengambil keputusan hanya sedikit maka seseorang harus dengan segera mengambil suatu keputusan dengan cepat dan tepat. Akan tetapi, jika waktu yang tersedia cukup banyak maka seseorang dapat memikirkan terlebih dahulu dan mencari alternatif-alternatif yang baik dalam mengambil keputusan.

contoh kasus :
    Suatu perusahaan diberikan kepercayaan untuk menjalankan suatu project di luar kota. Dan diputuskan project berjalan selama satu bulan. Dan ternyata saat project sedang berjalan di tengah-tengah proses, terjadi permasalahan kekurangan personil untuk mengatasi project tersebut dan dikhawatirkan project tidak akan selesai pada tenggat waktu yang telah ditentukan dan waktunya semakin mepet, maka untuk memperlancar project tersebut pimpinan dapat memutuskan untuk menambahkan personilnya untuk memperlancar project tersebut walaupun akan ada pengeluaran tambahan untuk pengiriman personil tersebut bagi organisasi tersebut.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar