Kamis, 10 Oktober 2013

Etika Bisnis - Tugas 1

1. Jelaskan pengertian Etika, Moral dan Moralitas!

Jawab :

- Etika : berasal dari bahasa Yunani Kuno 'ethikos' yang berarti timbul dari kebiasaan. Etika merupakan sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika juga mencakup analisis dan penerapan konsep berarti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.

- Moral : istilah manusia menyebut ke manusia atau orang lainnya dalam tindakan yang memiliki nilai positif. Manusia yang tidak memiliki moral disebut amoral yang artinya dia tidak bermoral dan tidak memiliki nilai positif dimata manusia lainnya.

- Moralitas : adalah kualitas dalam perbuatan manusia yang menunjukan bahwa perbuatan itu benar atau salah, baik atau buruk. Moralitas mencakup tentang baik-buruknya perbuatan manusia. Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan bahwa moralitas adalah sopan santun, segala sesuatu yang berhubungan dengan etikat atau adat sopan santun. sumber


2. Jelaskan peran dan manfaat Etika!

Jawab :

Peran Etika adalah sebagai suatu landasan bagi seseorang dalam bertingkah laku dikegiatan kesahariannya yang berdasarkan norma-norma dan hukum yang berlaku sehingga segala tingkah laku yang dilakukan oleh seseorang dapat diterima dengan baik orang lain dalam lingkungannya.

Manfaat Etika adalah membuat seseorang untuk bersikap kritis dan rasional dalam mengambil segala keputusan dan juga mengarahkan perkembangan masyarakat menuju suasana yang tertib, teratur dan sejahtera. (Ketut Rinjin, 2004 melalui Sjafri Mangkuprawira, 2006).


3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kesadaran moral!

Jawab :

Adalah sesuatu yang berasal dari hati dan berdasarkan atas nilai-nilai yang benar-benar esensial, fundamental. Perilaku manusia yang berdasarkan atas kesadaran moral, perilaku akan selalu direalisasikan sebagaimana mestinya, kapan saja dan dimana saja.


4. Jelaskann apa itu etika normatif, deontologi, teleologi, hak asasi, relatif, agama dan etika keutamaan!

Jawab :

- Etika Normatif : etika yang berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola prilaku ideal yang seharusnya dimiliki oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika normatif memberi penilaian sekaligus memberi norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan. sumber

- Etika Deontologi : istilah deontologi berasal dari bahada Yunani 'deon' yang berarti kewajiban atau sesuatu yang harus dilakukan sesuai dengan norma yang berlaku. Istilah ini digunakan pertama kali oleh filsuf dari Jerman yaitu Immanuel Kant.

- Etika Teleologi : berasal dari bahasa Yunani 'telos' yang berarti alhir, tujuan, maksud dan 'logos' perkataan. Teleologi merupakan ajaran yang menerangkan segala sesuatu dan segala kejadian menuju pada tujuan tertentu. Teleologi merupakan sebuah studi tentang gejala-gejala yang memperlihatkan keteraturan, rancangan, tujuan, akhir, maksud, kecendrungan, sasaran, arah, dan bagaimana hal-hal ini dicapai dalam suatu proses perkembangan.

- Etika Hak Asasi : teori ini merupaka aspek dari teori deontologi, karena berkaitan dengan kewajiban.

- Etika Relatif : etika yang dinilai sesuai dengan apa yang dirasakan individu benar atau salah sesuai dengan yang mereka rasakan.

- Etika Agama : etika yang berdasarkan pada penekanan kewajiban dan memahami kebenaran dalam bertindak.

- Etika Keutamaan : diposisi watak yang telah diperoleh seseorang dan memungkinkan dia untuk bertingkah laku baik secara moral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar